Efek Mengganti Domain dan Sub Domain Blog

Setelah kemarin saya memposting tentang Gonta-Ganti Template Membawa Efek Buruk Bagi SEO.Sekarang saya akan berbagi pengetahuan mengenai Efek Mengganti Domain dan Sub Domain Blog.Sobat sebagai pelaku blog atau lebih dikenal blogger pasti sudah tidak asing lagi Dengan istilah domain.
 domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.(wikipedia)
Sedangkan menurut planktoon blog pengertian domain secara singkat adalah :
merupakan nama unik pada website/blog kita yang terletak setelah nama website/blog.Sebagai contohnya adalah .com(comersial/umum), .org(organisasi), .gov(pendidikan),.mil(militer), .edu(pendidikan), .tv(televisi), .biz(kepentingan bisnis), name(personal website/blog), .info(untuk kepentingan informasi), .net(organisasi jaringan/network) dan masih banyak lagi lainya.
Begitulah pengertian singkat domain menurut planktoon blog dan wikipedia.Sedangkan Sub domain adalah nama yang terdapat sebelum domain.Sebagai contohnya "Website: http://www.domain-sobat.com"Disitu terdapat sub domain yaitu"domain-sobat"dan diakhiri dengan domain"com".

 Sekarang mari kita kembali pada topik utama yaitu Efek Mengganti Domain dan Sub Domain Blog.Sub domain itu di ibaratkan adalah alamat dimana kita tinggal dan menetap,jika kita ganti sub domain misalnya"http://planktoon.blogspot.com menjadi http://silverstone.blogspot.com,maka itu sama saja kita pindah rumah.Jadi,orang-orang yang biasanya bermain ke rumah kita mereka akan kebingungan karena yang punya rumah telah pindah.Begitu juga dengan blog,pasti teman-teman dan yang biasanya mengunjungi blog kita tidak akan menemukan alamat blog/Sub Domain yang sudah kita ganti kalau kita tidak memberi tahu.

Sekedar ralat dan tambahan untuk postingan ini.Setelah saya telusuri ternyata untuk perubahan yang kita lakukan terhadap Domain blog itu bisa diatasi dengan fitur blogger yang disebut 301 redirect (permanent redirect),tapi jika kita hanya melakukan perubahan pada sub-domain saja seperti contoh diatas sepertinya tidak bisa dilakukan untuk penjelasanya akan saya bahas dilain waktu karena sekarang masih cari-cari informasi :)

Resiko lainya dari Efek Mengganti  Sub Domain Blog(untuk pergantian Domain bisa di redirect dengan fitur blogger yaitu 301 redirect) adalah sobat harus merelakan pagerank turun menjadi nol besar dan Alexa rank juga No Data.Selain itu sobat harus kembali mensubmit ke berbagai search engine.Jadi blog yang telah berganti sub domain dianggap blog baru oleh google dan hal ini menurut saya lebih buruk dari pada mengganti template.Jadi sekali lagi mengganti nama domain akibatnya sangat fatal.

2 Responses to "Efek Mengganti Domain dan Sub Domain Blog"

  1. Mas nanya ya, kalo dr ( contoh) http:// cartermobilmadiun.blogspot.com ke http://cartermobilmadiun.com apa juga menghilangkan semua trafik dan posisi ranking blog. Matur thank U atas pencerahannya. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa untuk sementara memang iya,bisa terjadi.tapi nanti setelah berjalan beberapa hari semuanya akan kembali normal

      Delete

Peraturan Berkomentar :
1.Budayakan berkomentar yang baik dan sopan.
2.dilarang menjelek-jelekkan pihak tertentu.
3.berkomentar dengan menyertakan link aktif tidak akan saya hapus tapi resiko ditanggung sendiri :-) .
4.Pengguna nick name anonymous dengan komentar tidak jelas akan saya hapus.
[Rules Of The Rules]
Warning : Dilarang "berkata nice share/good/mantep sob" kalau belum ngasih colek G+/share..hehehehe.peace sobat. :)