Tahukah kalian Tentang Permainan Petak Umpet ?

Tahukah kalian Tentang Permainan Petak Umpet ?
image sourch : google

Masa kecil biasannya identik dengan permainan-permainan yang sangat menyenangkan.Banyak permainan tradisional yang sering kita mainkan dulu, hehehe.Ayo, permainan apa yang sobat paling sukai dulu waktu masih ingusan alias kecil DULU?

-Bermain kelereng?
- petak umpet?
-bentengan?
-Dakon?
-Pasaran?
-Boneka?

Baiklah kalau begitu, dari beberapa permainan diatas saya akan sedikit bercerita tentang permainan tradisional yang saya rasa tidak asing dimasa kecil.Namun, sudah mulai asing ditelinga anak-anak sekarang.PETAK UMPET, taukan permainan ini?Permainan yang saya rasa sering dimainkan anak-anak ketika masih kecil.Permainan dimulai dengan hom pim pah, dan siapa yang kalah dalam hom pim pah tadi maka dia yang akan menjadi penjaga.Setelah itu, dia diwajibkan memejamkan mata dengan durasi tertentu (biasannya 10-15 detik) didekat tiang atau pohon yang dia jaga.Disaat itulah teman-temannya bersembunyi.Setelah semua bersembunyi, maka si penjaga wajib mencari temannya saru persatu.Disaat si penjaga mengetahui dan meihat persembunyian temannya, maka si penjaga harus berlari ke tiang atau pohon yang dia jaga sambil mengucapkan "jookkkk".Maka secara otomatis temannya tadi sudah kalah, begitu seterusnya sampai semua temannya tertangkap.

Tapi, jika si penjaga melihat temannya yang bersembunyi tadi dan ternyata temannya tadi mendahuluinya untuk meraih pohon atau tiang dan mengatakan "jookk" maka si penjaga dianggap kalah dan harus mengulangi permainan petak umpet dan dia harus menjadi penjaga untuk kedua kalinya.

Itulah permainan petak umpet versi daerah saya (Jawa) Jepara, Jawa tengah, dan jika diperinci lagi maka setiap desa saja sudah memiliki cara-cara yang sendiri dalam permainan petak umpet.Sedangkan permainan petak umpet mengajarkan terhadap anak untuk waspada, teliti, dan cepat mengambil tindakan.Ironinnya, permainan ini sudah banyak ditinggalkan anak-anak jaman sekarang karena permainan ini sudah ditinggalkan karena banyaknya permainan modern.

29 Responses to "Tahukah kalian Tentang Permainan Petak Umpet ?"

  1. saya seringnya main kelereng sama benteng dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sama seperti saya, tp anak sekarang beda ga kyk dulu ya...

      Delete
  2. sampe saat ini masih saya lakukan yang namanya petak umpet. percaya ga?

    ReplyDelete
  3. petak umpet kalau didaerah saya namanya sikepan mas.
    tp ini juma permainan jadul,soalnya saya lihat anak sekarang nggak ada yg bermain lg nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditempat ayas masih sering anak-anak main ini didepan rumah, jumpritan namanya

      Delete
    2. mas tyanto : anak sekarang taunya ya main gadget, pergi ke mall. uda lupa n bahkan ga tau permainan ini

      Delete
  4. wah gak salaah lagi ini dia permainan yang bikin saya happy dulu waktu masih kecil. pokoknya saya seneng banget main ginian jadi lupa makan kalo udah main sama temen2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana inget makan,wong masih muter-muter cari temen yang ngumpet....hahahaha

      Delete
  5. Waktu masih kecil, sering banget mainin permainan ini. Apalagi kalau main kelereng, nggak ingat waktu lagi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo maen kelereng seriusnya minta ampun, apalagi pas lg bidik kelereng teman, sampe mata ga kedep...hehehehe

      Delete
  6. di desaku permainan itu namanya cim-ciman

    ReplyDelete
  7. Kalau di sunda petak umpet itu "susumputan" ini adalah permainan hobi saya ketika kecil dulu ... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya yang cukup unik ya sob, sesuai pelafalan orang sunda :)

      Delete
  8. Di Makassar ada mitos gak boleh main petak umpet (sembunyi-sembunyi sebutannya di sini) kalo maghrib atau malam hari, bisa disembunyiin setan katanya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mitos itu kyanya hampir disemua daerah....hehehe

      Delete
  9. saya suka dan jarang kalah kalau main kelereng mas, kalau main petak umpet saya kapok, soal nya pernah yang ngumpet malah pulang kerumah masing-masing, capek deh nyarinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah dikerjain..hahaha
      untungnya sobat ga panik,kalo panik pasti ngiranya digondol kolong wewe....

      Delete
  10. sering sih main petak umpet, tapi mainnya dirumah.. kalau diluar ogah nyarinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diluar ngumpetnya sampe jauh-jauh..iya kan mbk :D

      Delete
  11. rasanya sudah lama banget gak main di blognya bang plankton,
    lanjoetken bang

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar :
1.Budayakan berkomentar yang baik dan sopan.
2.dilarang menjelek-jelekkan pihak tertentu.
3.berkomentar dengan menyertakan link aktif tidak akan saya hapus tapi resiko ditanggung sendiri :-) .
4.Pengguna nick name anonymous dengan komentar tidak jelas akan saya hapus.
[Rules Of The Rules]
Warning : Dilarang "berkata nice share/good/mantep sob" kalau belum ngasih colek G+/share..hehehehe.peace sobat. :)