Cara Memainkan Dakon


Cara  Memainkan Dakon
iamge source : google
Dakon adalah sebuah permainan tradisional yang hampir ada diseluruh Nusantara, Dakon (jawa) atau coklak dan dibeberapa daerah lain juga disebut congak(sumatra).Permainan ini biasanya menggunakan biji-bijian seperti biji sawo, atau juga bisa berupa kerikil kecil dan bisa juga cangkang kerang yang berukuran kecil.Selain itu papandakon/congklak adalah alat utama yang terbuat dari papan atau plastik, atau juga bisa kayu  yang memiliki 16 lubang, masing-masing 7 lubang di depan dan belakang dan dan 1 lubang di pojok kanan., kecuali lubang di pojok kanan dankiri. Jadi, setiap lubang berisi 7 biji sawo dan setiap peserta memiliki 49 biji sawoyang tersebar di 7 lubang yang ada di depannya.

Cara memainkan permainan dakonan adalah peserta melakukan ping sut untuk mendapatkan urutan giliran dalam permainan.Setelah itu biji dakon yang berjumlah kurang lebih 98 tadi disebar rata dalam setiap lubang dakon.Siapa yang paling banyak mengumpulkan biji dakon, dialah pemenangnya. Permainan dimulai dengan mengambil seluruh biji di satu lubang dan menyebarnya satu per satu keseluruh lubang secara urut, termasuk ke lubang lawan. Jika melewati lubang pojok yang menjadi milik kita, maka satu biji yang kita genggam ditaruh di sana. Tapi, jika melewati lubang pojok milik lawan, kita tidak boleh menaruh biji sawo di dalamnya. Sebabnya, tentu saja agar jumlah biji sawo milik lawan tak bertambah banyak.

Pengen menang dalam permainan Dakon? Ada beberapa trik dalam permainan.Misalnya, sebelum bermain, peserta terlebih dahulu memilih biji pada lubang mana yang akan disebar.Tujuannya agar kumpulan bji yang kita sebar terakhir kali jatuh dilubang yang kosong. Jika biji yang kita sebar jatuh di lubang yang tidak ada isinnya, anda bisa mikul/nembak.Dan,bila berhasil, akan semakin terkumpul banyak biji dakon dilubang pojok milik kamu, sehingga bisa memenangkan permainan.Untuk bisa mikul atau nembak, ada syaratnya.

Mikul bisa dilakukan dengan syarat jika biji terakhir kamu jatuh dilubang kosong miilik lawan sehingga kamu bisa mengambil biji dakon yang ada disebelah kanan atau kiri lubang tadi dan isinnya bisa kamu kumpulkan dilubang pojok milik mkamu. Sementara nembak bisa dilakukan jika biji dakon yang kamu sebar tadi jatuh dilubang kosong milik kamu sehingga kamu bisa mengambil biji dakon lawan yang ada dilubang sebrang yang berurutan dengan bulang kosong tadi.

0 Response to "Cara Memainkan Dakon"

Post a Comment

Peraturan Berkomentar :
1.Budayakan berkomentar yang baik dan sopan.
2.dilarang menjelek-jelekkan pihak tertentu.
3.berkomentar dengan menyertakan link aktif tidak akan saya hapus tapi resiko ditanggung sendiri :-) .
4.Pengguna nick name anonymous dengan komentar tidak jelas akan saya hapus.
[Rules Of The Rules]
Warning : Dilarang "berkata nice share/good/mantep sob" kalau belum ngasih colek G+/share..hehehehe.peace sobat. :)